Halo Brotherhood...Selamat datang di Blog COMPAC (Community Palm Kartika) Jakarta. COMPAC adalah Sebuah club para pencinta dan pengguna motor [biker] khususnya yang berada di sekitar Bambu Apus, dan Jakarta Umumnya. COMPAC didirikan di Jakarta pada tanggal 19 Mei 2008. COMPAC memiliki visi menjadi club yang solid, guyub, kekeluargaan, saling berbagi dan menjunjung tinggi brotherhood sesama anggota dan sesama biker lainnya. Mengusung misi merangkul para biker di Jakarta baik para biker yang sudah tergabung dalam klub maupun privateer dalam satu visi dan mengembangkan perilaku santun, elegan, mengembangkan budaya yang sopan santun dan tidak arogan di jalan sampai tercipta jalanan sebagai suatu tempat yang aman dan nyaman bagi semua pengguna jalan.

Rangka Bajaj Pulsar 180 DTSi Retak Karena Box

Si Ngorok, Bajaj Pulsar 180 DTSi saya, ternyata mengikuti kejadian yang dialami para pemakai box yang lain. Apa gerangan kejadian yang dialami pemakai box yang lain? Tak lain dan tak bukan adalah rangka retak karena beban box. Pulsarian telah mempublikasikan hal ini dan menghimbau pemakai box untuk menambahkan plat besi di rangka Pulsar 180. Saya sudah mengetahui himbauan itu tetapi saya tidak berpikir bahwa Si Ngorok akan ikutan retak rangkanya. Ternyata, rangka Si Ngorok benar-benar retak.

Di bawah ini petunjuk mengenai bagian-bagian dari rangka yang harus ditambahi plat besi yang dilas. Petunjuk lengkapnya silakan ke website Pulsarian.



Saran untuk yang akan beli Bajaj Pulsar

Sebagai pemilik Bajaj Pulsar saya sarankan kepada yang berminat untuk membeli Bajaj Pulsar 180DTSi agar hanya membeli jika Sampeyan tidak akan memasang box. Seandainya Sampeyan punya niat memasang box di sepeda motor Sampeyan, sebaiknya Sampeyan membeli sepeda motor lain seperti Yamaha ScorpioZ, Honda Tiger, Honda Megapro, atau Suzuki Thunder 125. Saya belum pernah mendengar ada salah satu dari keempat sepeda motor tersebut yang rangkanya retak gara-gara dipasangi box.

Memang rangka bisa dibantu dengan penambahan plat besi. Akan tetapi, kalau ada sepeda motor lain yang rangkanya sudah kuat tanpa harus dipasangi plat besi tambahan, buat apa beli sepeda motor yang rangkanya ringkih dan mudah retak?

Saran untuk PT Bajaj Auto Indonesia

Menindaklanjuti kejadian ini, di mana motor saya adalah motor kelima yang rangkanya retak sebagai akibat tidak kuat menyangga beban box, sebaiknya PT BAI mengedukasi pemakai dan calon pemakai untuk tidak menggunakan box tambahan pada Bajaj Pulasar 180DTSi karena rangka tersebut (sepertinya) tidak disiapkan untuk mampu menyangga tambahan beban berupa box.

Namun, sebaiknya PT BAI mempertimbangkan bahwa kemungkinan pengguna Bajaj Pulsar untuk menggunakan box cukup tinggi. Apalagi buat anggota klub/komunitas yang gemar touring. Nggak hanya Bajaj Pulsar, pemakai Tiger, Scorpio, Megapro dan Thunder pun banyak yang pakai box. Bahkan, bebek dan bebek matic pun pakai box. Yang jadi pikiran adalah, kualitas besi rangka Bajaj Pulsar di bawah motor-motor yang lain. Bukti sudah ada, 5 Bajaj Pulsar 180DTSi rangkanya retak dan kelima-limanya memakai box.

0 comments:

Posting Komentar