Halo Brotherhood...Selamat datang di Blog COMPAC (Community Palm Kartika) Jakarta. COMPAC adalah Sebuah club para pencinta dan pengguna motor [biker] khususnya yang berada di sekitar Bambu Apus, dan Jakarta Umumnya. COMPAC didirikan di Jakarta pada tanggal 19 Mei 2008. COMPAC memiliki visi menjadi club yang solid, guyub, kekeluargaan, saling berbagi dan menjunjung tinggi brotherhood sesama anggota dan sesama biker lainnya. Mengusung misi merangkul para biker di Jakarta baik para biker yang sudah tergabung dalam klub maupun privateer dalam satu visi dan mengembangkan perilaku santun, elegan, mengembangkan budaya yang sopan santun dan tidak arogan di jalan sampai tercipta jalanan sebagai suatu tempat yang aman dan nyaman bagi semua pengguna jalan.

Mitos Oli Mobil Buat Motor, Apa Boleh?

Polemix oli mobil boleh dipakai buat motor, cukup ramai dibicarakan di kalangan bikers. Katanya tarikan justru lebih enak. Apakah benar demikian? Apakah cara ini aman dan tidak merusak mesin motor dalam pemakaian jangka panjang?

“Oli mobil dipakai buat motor sebenarnya sih oke-oke saja. Namun kami sangat tidak merekomendasikannya,” ujar Yulfian. Pria yang menjabat sebagai technical suppport di PT Topindo Atlas Asia ini juga menambahkan kalau spek oli dan aditif oli mobil berbeda dengan oli motor. Apabila dipaksakan penggunaannya, ditakutkan akan timbul beberapa masalah seperti perpindahan gigi slip.

“Oli mobil biasanya mempunyai spesifikasi khusus mesin dengan kopling kering. Sedangkan tidak semua motor mempunyai spesifikasi motor seperti itu, hanya motor transmisi matik dan beberapa tipe motor gede (moge) yang memiliki sistem kopling kering. Sedangkan motor bebek dan motor sport berkapasitas kecil, kebanyakan masih menganut sistem kopling basah,” tambahnya.

Jadi, apabila ada yang ingin menggunakan oli mobil buat mesin motor, hendaknya berpikir dua kali. Sebaiknya tetap memakai oli dengan spek yang direkomendasikan pabrikan. Seperti grade SAE dan kapasitas oli pada motor itu sendiri. Mencegah lebih baik daripada memperbaiki bukan?

Sumber: otomotifnet.com

0 comments:

Posting Komentar